Mobil 7 Seater Terbaik Daihatsu 2017

f:id:mobildaihatsu:20170815175100j:plain

Kebijakan pemerintah Indonesia tentang mobil murah ramah lingkungan atau lebih dikenal dengan istilah LCGC (low cost green car) banyak mendapat respon positif, baik dari produsen otomotif maupun konsumen yaitu masyarakat. Terbukti dari angka penjualan mobil murah yang semakin meningkat tiap tahunnya.

Salah satu brand besar yang bermain di segmen ini adalah Daihatsu. Melalui PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merk Daihatsu di Indonesia, telah memasarkan produk-produk LCGC nya dengan sukses. Setelah sukses dengan mobil city car Daihatsu Ayla, di tahun kemarin Daihatsu telah meluncurkan mobil 7 penumpang murah yang diberi nama Daihatsu Sigra.

Meski telah memiliki jenis mobil 7 penumpang Daihatsu Xenia yang juga masih bertahan di pasaran, keluarnya mobil 7 penumpang di program LCGC Daihatsu Sigra ini menjadi jawaban kebutuhan masyarakat akan mobil murah untuk keluarga. Hanya saja banyak yang mengungkapkan bahwa harga Daihatsu Sigra tak bisa digolongkan sebagai mobil murah LCGC. Alasannya adalah dengan melihat ketentuan pemerintah, dimana harga tertinggi LCGC adalah Rp 95 juta.

Untuk itu, Daihatsu berusaha menghimpit cost produksi mobil 7 penumpang atau multi-purpose vehicle (MPV) Daihatsu Sigra supaya bisa penuhi standard harga jual yang diputuskan pemerintah. Saat ini, Sigra masih tetap di pasarkan seharga Rp 106 juta hingga Rp 149 jutaan. Pihak daihatsu mengungkapkan, upaya yang dilakukan yaitu berusaha lakukan gabungan bahan baku dengan menaikkan komponen lokal. Sebab sekarang ini, kandungan lokal Daihatsu Sigra varian mesin 1.0 Liter serta 1.2 Liter menjangkau 94 %. Nanti, kandungan lokal pada mobil-mobil LCGC buatan ADM akan digenjot sampai 100 %. Bila bahan baku import dapat ditekan, automatis harga jual LCGC dapat lebih murah.

Tahun ini, ADM membidik produksi 450 ribu mobil. Mengenai hingga Juni 2016, produksi telah menjangkau 233.142 unit. Spesial untuk Daihatsu Sigra, Astra belum juga memastikan tujuan produksi karna masih tetap membaca pasar. Dari pihak Astra tujuan penjualan Sigra dibanderol 2.000 hingga 3.000 unit per bulan. Nyatanya, belum juga genap satu bulan sesudah di luncurkan, Daihatsu Sigra telah dipesan sejumlah 3.000 unit lebih.

Ini menunjukkan bahwa antusiasme pasar terhadap kemunculan mobil 7 penumpang di program LCGC Daihatsu Sigra ini sangatlah positif. Sehingga harus direspon dengan beragam kebijakan yang makin memudahkan masyarakat untuk dapat menikmati kenyamanan mobil terbaik dengan harga murah namun tidak berkualitas murahan.